"SILAHKAN BACA DAN AMBIL MANFAATNYA DARI BLOG INI"

Senin, 28 Maret 2011

MANFAAT BUAH PALA








Buah pala sudah terkenal sejak dahulu memiliki berbagai macam khasiat dan kegunaan, dari bumbu masakan sampai dengan obat alami untuk berbagai macam penyakit. Buah pala dari Indonesia, terutama yang di hasilkan dari pulau Banda Neira adalah buah pala dengan kualitas terbaik di dunia.

Berikut beberapa khasiat buah pala untuk kehidupan manusia:
Sebagai bumbu masakan: buah pala merupakan penyedap serta pengawet alami
Untuk Kesehatan:
Pereda sakit gigi
Zat yang terkandung dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi/gusi, oleskan beberapa tetes minyak pala pada gusi yang sakit sambil dipijat.
Pereda sakit perut
Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
Obat tidur
Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat.
Menghilangkan jerawat dan noda
Tubuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.

Manfaat buah pala untuk kesehatan. Pala (Myristica fragan Haitt) merupakan rempah asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banda dan Maluku. Tanaman buah pala menyebar ke Pulau Jawa, pada saat perjalanan Marcopolo ke Tiongkok melewati Pulau Jawa dari tahun 1271 sampai 1295. Sejak itu pembudidayaan tanaman pala terus meluas sampai Sumatera.

Sudah lama pala dikenal sebagai rempah-rempah penghasil minyak atsiri. Minyak ini merupakan salah satu bahan dasar dalam industri minuman dan kosmetik. Secara umum manfaat pala diambil dari kulit batang hingga daging buahnya.

Redakan Nyeri

Batang pohon pala biasa disebut kino, sering dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Kulit batang dan daun tanamannya menghasilkan minyak atsiri. Selain itu, ada juga fuli atau benda yang menyelimuti buah berbentuk seperti anyaman, dan biasa disebut bunga pala. Bunga pala ini dalam bentuk kering banyak dijual di dalam negeri.

Secara turun-temurun, pala dimanfaatkan sebagai herba, terutama biji dan daging buahnya. Biji pala diyakini sangat baik untuk mengobati gangguan pencernaan, muntah-muntah, dan lain-lain.

Buah pala dapat meringankan semua rasa sakit dan nyeri akibat tubuh kedinginan serta lambung dan usus “masuk angin”. Daging buah pala sangat baik dan digemari masyarakat jika telah diproses menjadi makanan ringan, misalnya asinan, manisan, atau selai pala.

Tidak hanya di dalam negeri, di beberapa negara di benua Eropa dan Asia, pala juga cukup dikenal. Pala sering digunakan sebagai ramuan untuk terapi gangguan tidur, stres, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan stamina.

Sumber: kompas.com dan Media Online







BUAH MENGKUDU

Mengkudu dikenal sebagai tanaman Obat Tradisional yang mempunyai khasiat sebagai obat. dipopulerkan pertama kali oleh penduduk kepulauan polinesia,Hawaii,samoa.kahuna (sebutan tabib) di ketiga kepulauan ini kerap meracik buah,akar, daun, dan kulit batang obat tradisional mengkudu dalam pengobatan. bahkan mereka menganggap tanaman mengkudu sebagai tanaman suci karena khasiat yang dimilikinya. Dalam buku The medical book of Malayan medicine direkomendasikan bahwa buah tanaman yang bernama ilmiah Morinda citrifolia L. ini digunakan untuk mengobati leukore (sebutan lain keputihan). Buah mengkudu adalah bagian yang paling banyak digunakan. kandungan senyawa aktif dalam buah tanaman ini diantaranya alkaloida, flavonoida, antrakinon, danpolifenol. senyawa – senyawa aktif inilah diduga kuat bermanfaat menanggulangi penyakit.

Tanaman ini tersebar hingga eropa, diantaranya inggris. di sana tanaman obat tradisional mengkudu disebut Indian mulberry. orang Malaysia menyebutnya mengkudu jantan atau mengkudu besar, apatot-nga-basit (Filipina), nhoo baans (laos), yo ban (Thailand), dan nhau (Vietnam).
Demikian juga di Indonesia,masing-masing daerah akan memberinya nama yang berbeda-beda.orang aceh menamai tanaman obat tradisional ini keumudu, bakudu (batak), paramai (mandailing), neteu (mentawai), bengkudu (minangkabau). masih banyak lagi, orang sunda menamainya cangkudu, kuduk (madura), aikombo (sumba), bakulu (timor), dan lain-lain.
Obat tradisional Mengkudu biasanya ditemukan di pegunungan yang mencapai tinggi 1500 meter di atas permukaan laut. daerah dengan curah hujan antara 1500-3000 mm pertahun, mengkudu dapat tumbuh dengan baik. tanaman ini lebih menyukai tanah yang subur dan lembab. namun mengkudu juga dapat hidup di daerah kering dengan pengairan yang minim.
Pada awalnya, mengkudu merupakan tanaman liar yang dapat ditemukan dimana saja. tanaman obat tradisional ini dapat tumbuh di daerah pantai hingga pegunungan. menurut rumphius, mengkudu tumbuh liar di tepi pantai di seluruh kepulauan nusantara. mengkudu selalu dapat dijumpai di kampung-kampung di jawa.

Mengkudu merupakan tanaman pohon berkayu. tingginya dapat mencapai 3 hingga 10 meter. mengkudu umumnya berdaun lebat berbentuk elips sampai persegi empat. panjang daun berkisar antara 12-25 cm. daun mengkudu termasuk daun tunggal dengan ujung dan pangkalnya meruncing. tepi daun ratr, lebar daun 5-17 cm. pertualangan daunnya menyarupai sirp ikan,tangkai daun pendek.
Tanaman obat tradisional mengkudu sangat cepat menghasilkan buah. kurang dari satu tahun tanaman ini sudah dapat menghasilkan. pembentukan buah diawali dengan munculnya bunga berupa bongkol, bentuknya bulat. dari bongkol itu akan muncul kuncup-kuncup bunga seperti terompet. setelah pertumbuhan bunga selesai, maka bongkol itu juga yang nantinya akan terus membesar sampai menjadi buah mengkudu.
Biji tanaman obat tradisional mengkudu dapat ditemui dalam buah yang sudah tua atau sudah matang. biji mengkudu sangat banyak. bentuknya segi tiga,warna coklat kemerahan,dank eras sekali. tanaman obat tradisional mengkudu baru dapat diperoleh dengan menyemai biji-biji yang sudah keras tersebut.

Khasit tanaman obat tradisional mengkudu

Obat tradisional Mengkudu diyakini memiliki khasiat banyak sekali. buahnya diketahui bersifat antidiabetes (hipoglikemik). mengkudu juga berkhasiat sebagai antitetanus, antiseptic, antiinflamasi, obat disentri, dan obat diare. tanaman yang popular dengan sebutan pace ini juga dapat menurunkan demam (antipiretik), peluruh air seni (diuretic), serta berefek laksatif. mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat meringankan penyakit asma dan reumatik.
Lalu bagaimana hubungannya antara hipertiroid dan buah mengkudu?danu dkk dari fakultas kedokteran UGM, pada tahun 1997 meneliti buah tanaman ini terhadap kelinci. mereka melaporkan bahwa perasan daging buah pace (mengkudu) menunjukan tendensi penambahan kepekaan terhadap efek adrenalin, serta mampu menghambat efek norarenalin pada jantung hewan coba. namun, dalam penelitiantersebut tidak dijelaskan efek yang dimaksud.
Pada penelitian tersebut juga dilaporkan bahwa,perasandaging buah pace memberikan perubahan yang sangat berarti pada jantung.kekuatan kontraksi otot jantung menurun, kecepatan denyutnya pun turut menurun. parasan daging buah tanaman obat tradisional ini juga meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke pembuluh koroner jantung permenitnya, sehingga kematian jaringan ini (infark) dapat dihindari.
Tetapi, seperti kita tahu bahwa terdapat kaitan yang sangat erat antara kelenjer tiroid dan kelenjar adrenal pada manusia.jika, salah satunya terganggu,maka yang lainnya juga akan terganggu. sangat mungkin, hubungan inilah sehingga tanaman obat tradisional mengkudu dapat menyembuhkan hipertiroid dan juga menurunkan kecepatan denyut jantung penderitanya.
Buah mengkudu meningkatkan imunitas tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan kanker dan tumor. buah tanaman obat tradisional ini juga mampu menghilangkan rasa sakit (analgesik), mengempiskan radang dan antialergi, serta antibakteri. buah tanaman l ini juga dapat mengatur suasana hati dan mengatur siklus energi tubuh.




Semoga bermanfaat :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar