Manfaat buah Tomat


Buah tomat adalah buah yang sudah tidak asing lagi, selain banyak di jmpai di tiap daerah, buah tomat juga terkadang di gunakan sebagai bahan sayuran dalam memasak, atau pun bisa saja di juice. Karena dalam buah tomat banyak mengandung Vitamin C yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh.
Tomat (Solanum lycopersicum) terbagi menjadi dua jenis,, sayur dan buah… perbedaannya terletak pada bentuk dan ketebalan kulitnya. Kalau tomat buah, bentuknya agak lonjong dan kulitnya tebal. Sebaliknya, tomat sayur berbentuk bulat dan kulitnya lebih tipis. Tomat buah lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur.. tetapi keduanya memiliki khasiat yang sama
Tomat mengandung zat yang dapat mencegah beberapa penyakit… diantaranya vitamin A, B1, C, Likopen, Tomatin dan masih banyak lagi.




Kandungan likopen pada tomat membantu dalam memerangi penyakit degeneratif seperti tumor dan kanker, berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui seseorang menderita tumor atau kanker adalah dengan meneliti kadar likopen pada tubuhnya.
Sedangkan kadar Tomatin pada tomat bersifat antiinflamasi (antiradang) yang dapat mengobati radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu, hingga radang pada saluran pencernaan. Kandungan jelly kuning yang terdapat pada sekitar biji tomat juga mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Penelitian mengatakan bahwa jika kita meminum juice tomat tanpa membuang bijinya, maka resiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung berkurang hingga 72%.
Berikut beberapa tips dalam memanfaatkan buah Tomat,,
- Mengatasi gusi berdarah: sebuah tomat dicuci bersih, lalu dimakan segar-segar. Lakukan ini 1x sehari selama sebulan.
- Mengatasi sembelit: sesekali minum jus tomat sesudah makan.
- Menghaluskan Wajah: sebuah tomat yang berwarna merah tua diperas. Oleskan airnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Bisa juga tomat diiris lalu digosokkan ke wajah.
Untuk mendapatkan manfaat beta karoten (baik untuk kecantikan kulit), vitamin C, dan mineral serta kalium baik bila tomat dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun dijus. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat Likopen, agar lebih maksimal disarankan dalam bentuk masak.

Selain dapat meningkatkan daya tahan, menghancurkan radikal bebas dan meningkatkan nafsu makan, tomat juga dapat mencegah penyakit antara lain:

1. Gusi berdarah
2. Rabun
3. Penggumpalan darah
4. Usus buntu
5. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung
6. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
7. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
8. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).
9. Mengurangi resiko radang usus buntu.
10. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
11. Menghilangkan jerawat.
12. Mengobati diare
13. Meningkatkan jumlah sperma pada pria
14. Memulihkan fungsi lever.
15. Mengatasi kegemukan

Dan anda juga bisa  mendapatkan cara praktis dalam menikmati Tomat dalam keadaan “matang”, tanpa harus memasak atau mengolahnya terlebih dahulu… Pertama pilih buah tomat segar, potong2, taburi dengan gula atau madu (sesuai dengan selera), siram dengan air mendidih… tunggu hingga dingin, setelah itu dapat segera dinikmati… ditambah es batu . akan terasa segarrrrrrrrrrnya......
                                                                Selamat mencoba !!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGGUNAKAN MENU BAR DAN TOOLBAR PADA MICROSOFTWORD

Pemandangan dan Wisata Kuliner di Cililin Kab. Bandung Barat

Jalan-Jalan Yo ke Cililin...!!